Saturday 28 July 2012

TRACKING ON MERAPI 2968mdpl

PUNCAK GARUDA 2968mdpl


GUNUNG MERAPI (2968 mdpl)




MISTERI GUNUNG TERAKTIF SEDUNIA


Pukul 05.00 WIB , 11 Juli 1998 merapi meletus untuk yang kesekian kalinya dengan diikuti ledakan dan asap hitam yang membumbung setinggi 300 m dari atas puncaknya. Kira-kira 3 juta kubik abu vulkanik dimuntahkan dari kawah dan menyebar hingga 60 km kea rah barat. Letusan Merapi selalu diikuti awan panas atau lebih dikenal WEDHUS GEMBEL. Awan ini selalu membawa korban karena suhunya mencapai 3000 derajat celcius dan dapat meluluhlantakan apa saja yang dilaluinya. Pada tahun 1994 , 66 penduduk tewas dan ratusan rumah lain rusak. Ini merupakan bukti keganasanya. Bukti paling ganas lagi terjadi pada tahun 1930 dimana letusanya menewaskan 1300 penduduk. Dari sini dapat disimpulkan bahwa Gunung Merapi memang sering meletus sejak ia dilahirkan, yang hingga kini banyak menyimpan misteri.
Gunung Merapi terletak 30 km arah utara Kota Yogyakarta, jika sedang melakukan aktivitasnya asap yang berwarna putih kelabu dan kehitaman  tampak mengepul keatas menyerupai timbunan bulu domba. Ledakan lava pijar yang menyala-nyala merupakan keunikan tersendiri untuk diabadikan , ketika dilihat pada malam hari . gunung ini tetap mempesona dalam keadaan tenang,sehingga merangsang minat para penggiat alam bebas untuk menggumulinya.


AKSES KE SANA


Untuk menuju puncak Gunung ini dapat ditempuh dari 4 arah mata angin yaitu jalur SELO, yang merupakan jalur paling aman, jalur KINAHREJO, jalur BABADAN, dan jalur BALERANTE. Akan tetapi disini  saya akan memberikan jalur pendakian dari KINAHREJO ( jalur selatan ) untuk gambaran buat anda yang suka  kegiatan alam bebas dan belum pernah kesana.


JALUR SELATAN


JOGJA-KALIURANG-KINAHREJO


 Yogyakarta  - KALIURANG yang berjarak 30km dapat ditempuh dengan Bus BAKER. Kaliurang adalah sebuah tempat wisata terkenal yang terletak diketinggian 1300mdpl. Dari sini perjalanan dilanjutkan kearah timur , Kinahrejo merupakan desa terakhir menuju puncak merapi ( PUNCAK GARUDA ) disisi selatan dan merupakan tempat kediaman Sang Juru Kunci MBAH MARIDJAN (Alm) . di Desa Kinahrejo segala perbekalan harus benar – benar disiapkan termasuk air karena tidak akan ditemui lagi sepanjang perjalanan. Jalur ini lebih curam dibanding jalur SELO BOYOLALI. Dari Kinahrejo menuju puncak dibutuhkan waktu selama 6 – 8 jam pendakian dengan panjang lintasan kurang lebih 9km.


PENDAKIAN




KINAHREJO – KENDIT


Selepas Kinahrejo lintasan langsung menanjak. Disepanjang lintasan terdapat hutan Pinus. Namun hal tersebut hanya sebentar karena kemudian pendaki akan memasuki lintasan yang berbatu dn terjal karena tempat itu merupakan lintasan jalanya lava yang tumpah dari Kawah Merapi.


KENDIT – PUNCAK MARAPI ( PUNCAK GARUDA ) 2968mdpl


Pos kendit merupakan batas vegetasi antara hutan dengan daerah berbatu. Menuju puncak GARUDA semakin menanjak dan berbatu. Lintasan ini pada akhirnya bertemu dengan Kawah Mati. Pendaki dapat langsung menuju puncak tertinggi GARUDA.


*PERINGATAN  : jalur KINAHREJO ini sangat berbahaya karena merupakan rute runtuhnya lava jika MERAPI sedang memuntahkan batuknya . keadaan ini membuat medan mudah sekali berubah-ubah.


GAMBARAN JALUR MERAPI



2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Terkait kecelakaan Eri Yunanto yang tewas karena terperosok setelah berfoto di Puncak Garuda Merapi pada 16 Mei 2015, mohon ceritakan pengalaman Anda saat berfoto disitu, bagaimana bahaya yang ada, dan apakah memang para pendaki senang berfoto disitu.

    ReplyDelete